Kegiatan Belajar mengajar ( KBM ) atau yang yang sering dikenal dengan model pembelajaran, tidak hanya bisa dilaksanakan di dalam kelas tetapi juga dapat berlangsung di luar kelas (Outdoor study). Hal ini dilakukan oleh Siswa siswi Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Brebes, Kamis (25/11/16) di dreamland Ajibarang Dibawah bimbingan Guru
Kegiatan pembelajaran diluar kelas ini bertujuan untuk mengembangkan multi kecakapan siswa sekaligus memperluas wawasan siswa tentang obyek pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika. Selain itu juga dapat membuat setiap individu memiliki kesempatan unik untuk mengembangkan kreativitas dan inisiatif personal.
Kegiatan pembelajaran ini diakui sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dibuat diluar kelas agar pembelajaran akan terasa menyenangkan, lebih variatif, lebih rekreatif dan siswa lebih mengenal pada dunia nyata dan luas
Moh Fauzi Robbany , siswa Kelas VII Excellent menuturkan, pembelajaran di luar kelas sangat menyenangkan. “Kami terasa nyaman dan bersemangat,” akunya. Hal senada juga diungkapkan oleh Fadhil R . “Alhamdulillah kami senang belajar di luar kelas, belajar belajar di alam bebas, kami sangat menikmati,” ungkapnya.
Sementara itu Kepala MTsN Midel Brebes Drs H Muntoyo M.Pd I saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan, pembelajaran di luar kelas (outdoor study) merupakan salah satu upaya terciptanya pembelajaran yang dapat menghindarkan dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya dalam kelas.
“Guru harus kreatif agar siswa tidak merasa jenuh dalam belajar, maka pembelajaran di luar kelas sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan kejenuhan dan kebosanan,” ujarnya.
Lebih lanjut Muntoyo menjelaskan, pendekatan pembelajaran di luar kelas ini memiliki kelebihan yang mendukung pada pembelajaran siswa. Diantaranya, mendorong motivasi belajar siswa, karena menggunakan setting alam terbuka sebagai sarana kelas, untuk memberikan dukungan proses pembelajaran secara menyeluruh yang dapat menambah aspek kegembiraan dan kesenangan.
Selanjutnya guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan karena dapat berekspolarasi menciptakan suasana belajar seperti bermain. Pada akhirnya pembelajaran di luar kelas siswa dapat menggunakan media pembelajaran yang kongkrit dan memahami lingkungan yang ada disekitarnya.
Muntoyo berharap agar guru terus kreatif, berinovasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga seluruh siswa dapat termotivasi dan dapat belajar dengan baik, efektif, kreaktif, menyenangkan serta mampu menjadi siswa yang berprestasi. ( oim )